Kamis, 22 Maret 2012

Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak

Kenaikan harga bahan bakar minyak yang akan dilaksanakan pada awal bulan April 2012 ini sudah mulai banyak menimbulkan pro-kontra. Banyak masyarakat yang setuju dengan kebijakan pemerintah menaikan harga bahan bakar dan banyak juga diantara mereka yang tidak setuju dengan kebijakan pemerintah ini. Mereka merasa disulitkan dengan kebijakan ini terutama kaum menegah kebawah. Kenaikan harga BBM sebanyak 1500 per liter ini sangat tidak wajar bagi mereka. Karena penghasilan mereka yang tidak terlalu besar. Tetapi pemerintah sudah menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat kurang mampu sebesar Rp.150.000 selama Sembilan bulan. Tetapi banyak masyarakat yang merasa tidak seimbang dengan dampak dari kenaikan BBM dan dana yang dikeluarkan kepada mereka. Mereka berfikir bahwa bantuan tersebut akan dilakukan hanya selama Sembilan bulan saja sedangkan mereka meraskan dampak kenaikan harga bahan bakar ini selamanya.
Banyak dapak langsung dan tidak langsung yang ditimbulkan dari kenaikan harga BBM ini salah satunya ialah kenaikan harga kebutuhan pokok. Bahan bakar minyak saja belum naik tetapi harga kebutuhan pokok sudah naik terlebih dahulu. Kondisi seperti ini memang sangat memprihatinkan kondisi masyarakat Indonesia. Kekayaan alam yang sangat beragam tetapikekurangan tenaga ahli atau kekurangan SDM. Jadi kekayaan alam yang dimiliki Negara ini malah dimanfaatkan oleh Negara lain untuk menarik keuntungan dari Negara kita ini. Maka kondisi perekonomian Negara kita sangat memprihatinkan. Mungkin tujuan dari pemerintah untuk menaikan BBM ini karena untuk memperbaiki perekonomian Negara kita. karena Negara kita memiliki banyak hutang kepada Negara lain. Dan salah satu untuk memperbaiki kondisi ini adalah menaikan harga bahan bakar minyak.
Sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi pro kontra atas kenaikan harga BBM ini adalah solusi yang terbaik karena dengan sosialisai yang baik maka masyarakat lebih mengerti maksud dan tujuan pemerintah menaikan harga BBM. Jadi tidak menimbulkan demo dijalan yang menganggu ketenangan para pengguna jalan. Apa lagi kalau demo yang dilakukan sudah bertindak anarkis sungguh kondisi yang sangat memprihatinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar