Minggu, 27 November 2011

Bisnis Secara Franchise

Sejarah Franchise
Konsep waralaba (franchise) bukan merupakan kosep baru, melainkan merupakan sebuah konsep yang sudah memiliki sejarah besar . Kata franchising berasal dari bahasa prancis yang artinya kejujuran, bebas, untuk membebaskan . Pada pertengahan abad awal kemunculan francihising di Eropa ditandai oleh hubungan atara tuan tanah dan para pekerkanya . Para tuan tanah memberikan hak kepada memberikan hak kepada buruh mereka untuk mengolah lahan dan berburu lalu menjual hasilnya tersebut .
Di Indonesia, system warlaba mulai dikenal pada tahun 1950 an yaitu dengan dimulainya deler kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi . Perkembangan kedua pada tahun 1970an yaitu dengan dimulainya system pembelian lisensi plus . Franchisee tidak sekedar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk mrmproduksi produknya . Agar warlaba dapet berkembang dengan pesat maka persyaratan utama yang harus dimiliki suatu teritori adalah kepastian hokum yang mengingkat untuk semuanya . Karena kita dapat melihat dinegara yang memiliki kepastian hukum yang jelas maka waarlaba semakin berkembang pesat.

2. Sejarah franchise Indomaret
Bisnis warlaba ini telah menjamur di Indonesia yang berkembang secara pesat . Dikelola secara propesional dan dipersiapkan untuk memasuki era globalisasi ini . Sejak tahun 1977 indomaret memasuki pola kemiritan warlaba dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai inomaret . Pola warlaba ini ditawarkan setelah Indomaret telah terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai, yang didukung oleh system dan format bisnis yang baik. Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan positif dari masyarakat semua itu terlihat dari sambutan positif dari masyarakat dari jumalah gerai waralaba indomaret . Maka toko toko indomaret makin diperluas semakin banyaknya tanggapan postif dari masyarakat. Program waralaba yang tidak rumit terbukti dapat diterima oleh masyarakat. Bahkan dari segi pewaralaba dan terwaraba ini merupakan salah satu keungulan domestic dalam memasuki era globalisasi.

KEUNTUNGAN WARALABA INDOMARET
• Transformasi Pengetahuan
Bergabung dengan Indomaret akan benyak diperoleg pengetahuan bisnis toko modern dam sekaligus menempatkan anda sebagai pelaku bisnis.
• Potensi Pasar
Bantuan survey lokasi dari indomaret akan memperkaya wawasan anda mengenai potensi dan letak strategis suatu tempat
•Tidak full time
Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak
perlu cape dalam operasional toko ataupun meninggalkan
pekerjaan sebelumnya.
•Peluang Berkembang
Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkat kesibukan
yang sama dan dapat diatur.
•Minimalisasi Risiko
Perencanaan matang, mulai survey lokasi sampai dengan pembukaan toko,
kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan
manajemen toko yang solid akan membantu investor dalam menekan risiko kerugian.

VISI INDOMARET
Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam
persaingan global.
MOTTO INDOMARET
mudah & hemat
BUDAYA PERUSAHAAN
Dalam berkerja kami menjunjung nilai kejujuran, ramah tamah terhadap pelanggan, sopan, kerja sama dengan tim yang baik, kebaikan dan sebagainya .
PUSAT DISTRIBUSI
Sistem distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal
dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang
kompeten, menjadikan Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Saat
ini Indomaret memiliki 12 pusat distribusi di Ancol Jakarta, Cimanggis Depok,
Tangerang, Bekasi, Parung, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Jember, Surabaya, Lampung
dan Medan. Dengan menjalin lebih dari 500 pemasok, Indomaret memiliki posisi baik
dalam menentukan produk yang akan dijualnya.
SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 14,99 juta
transaksi per bulan didukung oleh sistem teknologi yang handal. Sistem teknologi
informasi Indomaret pada setiap point of sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, persediaan dan penerimaan barang. Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan saat
ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa
mendatang. Indomaret berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja konsumen dengan
menerapkan sistem check out yang menggunakan scanner di setiap kasir dan pemasangan
fasilitas pembayaran secara debit.
PEMASARAN DAN PROMOSI
Sasaran pasar Indomaret adalah konsumen semua kalangan masyarakat. Lokasi gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret melayani sasaran demografisnya yaitu keluarga. Strategi pemasaran Indomaret diintegrasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret menjalankan program promosi dengan berbagai cara, seperti memberikan
harga khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung.
Tahapan Kerjasama
1. Presentasi pertama
Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak-lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, sistem operasional
toko, sistem pembagian keuntungan, dan sistem pelaporan.
2. Presentasi kedua
Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran
Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi
kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MOU (Nota Kesepakatan) yang
mencakup butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan investor dalam
mempersiapkan pembukaan toko, mulai dari pengurusan perijinan, renovasi bangunan,
pembelian perlengkapan toko, seleksi dan training karyawan, serta term pembayaran.
3. Pembukaan Toko
Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program
promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka, akan ditandatangani Surat
Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.
PERKEMBANGAN FRANCHISE INDOMARET
Mulai tahun ini, Indomaret akan lebih berkonsentrasi melebarkan tentakel bisnisnya ke
luar Jawa, terutama Sumatra dan Bali. Di sana persaingannya belum ketat. Dana ini untuk keperluan franchise fee, perijinan, renovasi, dan
pembelian peralatan toko serta gudang. Tapi itu belum termasuk sewa atau beli tempat.
Nah untuk luas area toko, Indomarco mematok kisaran 120 m2 hingga 150 m2
Skema waralaba lain adalah menjadi terwaralaba dengan cara mengambil alih (take over)
gerai Indomaret milik Indomarco. Jika memilih skema ini, biayanya lebih mahal, yakni di
atas Rp 300 juta. Maklum, terwaralaba tidak perlu lagi mencari atau menyediakan
tempat, sebab bangunan toko sudah tersedia, bahkan toko sudah beroperasi dengan baik.

Banyak keuntungan dan kelebihan yang dimiliki dalam bisnis waralaba diantaranya sebagai berikut :
Keuntungan Menjalankan Bisnis Waralaba
1. Konsep bisnisnya sudah jelas dan dibantu dengan adanya Pelatihan sehingga bisnis berjalan sesuai dengan konsep atau sesaui dengan produk utama.
2. Menjalankan konsep bisnis yang sudah jalan dan dikenal oleh masyarakat
3. Kontrol bisnis sudah dibantu oleh system
4. Bisa konsultasi dengan penyedia waralaba setiap kendala yang diahadapi di lapangan
5. Pengembangan bisnis dipikirkan juga oleh penyedia waralaba
Kerugian Menjalankan Bisnis Waralaba
1. Rugi Ketika salah memilih waralaba karena di awal kita telah menyetorkan uang franchise fee yang nilainya cukup besar
2. Keuntungan yang didapat sebagian penyedia waralaba menetapkan bagi hasil
3. Sebagian penyedia waralaba tidak banyak membantu dalam mengembangkan bisnis, mereka hanya memberikan konsep, mentrasfer konsep tetapi mereka tidak bertanggung jawab terhadap kesuksesan bisnis, mereka lepas tangan terhadap perjalanan bisnis selanjutnya.
4. Jika bisnis utama mendapat masalah maka akan berpengaruh terhadap bisnis waralaba yang lainnya.
Oleh karena itu ketika kita memutuskan untuk menjalankan bisnis waralaba maka kita harus pelajari benefit dan support apa yang diberikan oleh penyedia waralaba, peran yang diberikan oleh penyedia waralaba harus besar dan kita memang sangat membutuhkannya karena kita memang tidak bisa melakukannya sendiri dan tidak punya pengalaman terhadap bidang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar