Selasa, 06 November 2012
SIAPKAH KOPERASI MENGHADAPI ERA GLOBALISASI
Siapkah Koperasi Menghadapi EraGlobalisasi ?
Globalisasi tampaknya telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Kita tidak dapat melepaskan diri dari globalisasi. Siap atau tidak siap kita harus tetap berhadapan dengan globalisasi. Namun, arus globalisasi tidak selamanya berdampak positif tapi juga bisa berdampak negatif pada diri kita. Oleh karena itu, kita harus mempunyai penyaring (filter) supaya kita bisa menghadapi globalisasi dan kita tidak terlindas oleh jaman.
Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terikat dan memngaruhi satu sama lain yang melintasi Negara globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan dimana Negara – Negara diseluruh dunia mempunyai suatu kekuatan pasar yang semakin terintergrasi dengan tanpa rintangan batas territorial Negara. Distu sisi globalisasi perekonomian akan membuka peluang pasar produk dari dalam negri ke pasar internasional secara kompetitif. Namun disisi lain juga membuka produk –produk global ke pasar domestic.
Pada umumnya telah kita ketahui, hampir seluruh belahan dunia termasuk Indonesia, sudah memasuki era yang sudah sering sekali diperbincangkan, “Era Globalisasi“. Era Globalisasi ini masuk ke Indonesia salah satunya melalui perdagangan bebas. Bagi Indonesia, era globalisasi ini penting adanya untuk membuka tertutupnya usaha, khususnya untuk KOPERASI.
Pada saat ini persaingan dunia usaha semakin mengglobal dan sarat akan persaingan yang maha hebat maka dari itu setiap perilaku ekonomi tak terkecuali koperasi bila inggin terus bertumbuh harus memiliki daya saing yang hebat. Pada kasus koperasi di Indonesia terdapat banyak pihak yang memprihatinkan kemampuan badan usaha ini dalam memenuhi tuntutan arus globalisasi tersebut. Apabila koperasi tidak segera melakukan perubahan sebagai salah satu perilaku ekonomi yang mendapat dukungan konsistusi, maka tidak mustahil koperasi akan terus tertinggal dan lambat laun akan terabaikan.
Kehawatiran tersebut tentunya didasari oleh suatu analis kondisi koperasi yang ada dilapangan dan nilai – nilai dasar koperasi yang melekat pada diri koperasi itu sendiri. Tetapi nilai – nilai dasar kekeluargaan, kesetiakawanan, gotong royong, kebersamaan dipandang kurang dapat dijadikan sebagai factor kekuatan bagi koperasi dalam menghadapi pasar global. Nilai dasar koperasi kurang dapat merespons dan mengadopsi setiap perubahan lingkungan
Maka dari itu untuk menghadapi globalisasi ini koperasi perlu mendapatkan perhatian yang besar. Banyak masalah yang harus dibenahi koperasi untuk menghadapi dunia globalisasi ini. Karena jika tidak kita benahi dari sekarang maka koperasi lambat laun akan tengelam dengan semakin melesatnya perusahan – perusahaan swasta yang dikuasi oleh orang asing. Dan terlebih lagi sekarang banyak masyarakat yang tidak mengerti koperasi. Karena koperasi sudah mulai tengelam.
Banyak sekali sekarang perusahaan perusahaan yang menawarkan simpan pinjam kepada kariawannya. Atau bank bank yang menawarkan kredit kepada para nasabahnya. Sedangkan koperasi sudah mulai jarang peminatnya karena perusahaan swasta menjadi lebih dominan dalam kondisi pasar Indonesia
• Dampak poitif globalisasi
1. Produksi global dapat ditingkatkan
2. Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu Negara
3. Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri
4. Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik
5. Menyediakan dana tambahan untuk prmbangunan ekonomi
• Dampak negative globalisasi ekonomi
1. Mengahambat pertumbuhan sector industry
2. Memperburuk neraca pembayaran
3. Sector keuangan semakin tidak stabil
4. Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang
Pada saat ini persaingan dunia usaha semakin mengglobal dan sarat akan persaingan yang maha hebat maka dari itu setiap perilaku ekonomi tak terkecuali koperasi bila inggin terus bertumbuh harus memiliki daya saing yang hebat. Pada kasus koperasi di Indonesia terdapat banyak pihak yang memprihatinkan kemampuan badan usaha ini dalam memenuhi tuntutan arus globalisasi tersebut. Apabila koperasi tidak segera melakukan perubahan sebagai salah satu perilaku ekonomi yang mendapat dukungan konsistusi, maka tidak mustahil koperasi akan terus tertinggal dan lambat laun akan terabaikan.
Maka dari itu koperasi Indonesia sepertinya belum siap untuk menghadapi globalisasi karna masih banyak yang harus dibenahi.
http://anggita-nurul.blogspot.com/2012/10/cara-mensosialisasikan-koperasi-pada.html
cara pengsosialisasian koperasi kepada masyarakat
CARA PENGSOSIALISAIAN KOPERASI KEPADA MASYARAKAT
Sebenarnya koperasi mempunyai kelebihan yang bisa menjadikan koperasi sebagai sebuah bentuk badan usaha yang cukup prospektif di Indonesia. Tetapi karena kurangnya perhatian dan kurangnya promosi untuk mengenalkan koperasi pada masyarakat, maka masyarakat hanya tau koperasi adalah lembaga keuangan yang didirikan berdasarkan rasa kekeluargaan saja. Tidak tau apa tujuan, prinsip, dan kegiatan yang dilakukan koperasi.
Jadi, bila Koperasi dianggap kecil, tidak berperan, dan merupakan kumpulan serba lemah, itu terjadi karena adanya pola pikir yang menciptakan demikian.Singkatnya, Koperasi adalah untuk yang kecil-kecil, sementara yang menengah bahkan besar, untuk kalangan swasta dan BUMN. Di sinilah terjadinya penciptaan paradigma yang salah.
Tidaklah sulit untuk mensosialisasikan koperasi kepada msyarakat , yang kita butuhkan adalah sarana dan prasarana untuk mempromosikan hal tersebut . salah satunya adalah pentingnya penggunaan media massa untuk mempromosikan uasaha kita, selain itu ketekunan para pengurus koperasi yang tidak boleh bermalas-malasan untuk mempromosikannya. Walaupun kita sudah menyerahkan promosinya kepada media mssa namun tetap saja kita butuh bergerak agar proses pensosialisasian tidak berhenti sampai disini.
Terkait dengan kelemahan yang masih dimiliki oleh koperasi, ada beberapa solusi yang sudah dijalankan oleh pemerintah seperti penambahan modal, pelatihan manajemen, dan bantuan perizinan agar koperasi memiliki posisi tawar lebih baik. Usaha lain yang harus didorong adalah melibatkan pemuda dalam pengelolaan koperasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi lambatnya akselerasi pengembangan koperasi di Indonesia dikarenakan sebagian besar koperasi masih menganut asas senioritas. Sebagian besar koperasi dipimpin oleh orang yang sama dalam waktu puluhan tahun. Mereka yang sudah berusia tua relatif sulit untuk menerima perubahan dan melakukan percepatan aktivitas.
Untuk meningkatkan daya jual koperasi, yang akan saya lakukan adalah membuat koperasi lebih bagus lagi. Membuat koperasi agar terlihat menarik supaya masyarakat tertarik untuk membeli di koperasi mungkin dengan cara mengecat dinding koperasi dengan warna-warna yang indah, menyediakan AC, ruangan tertata dengan rapi dan menyediakan pelayanan yang baik sehingga masyarakat puas. Dan tidak hanya itu, koperasi pun memerlukan sarana promosi untuk mengekspose kegiatan usahanya agar dapat diketahui oleh masyarakat umum seperti badan usaha lainnya salah satu caranya dengan menyebarkan brosur dan membuat spanduk agar masyarakat mengetahuinya. Dengan cara ini diharapkan dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya di koperasi. Dan koperasi tidak kalah bersaing dengan badan usaha swasta seperti yang sekarang marak bermunculan misalnya alfamart dan indomart yang pasarnya sudah tersebar diseluruh Indonesia.
Oleh karena itu peran pemuda untuk menggerakkan koperasi sangat diperlukan. Sejarah bangsa ini mencatat peran generasi muda dalam berbagai peristiwa penting bangsa. Ketika para pendahulu kita mencetuskan ”Sumpah Pemuda” pada tanggal 28 Oktober 1928 maka lahirlah sebuah semangat baru yang melanda bangsa Indonesia. Melalui semboyan “satu tumpah darah, satu bangsa, dan satu bahasa” mereka berhasil mengajak bangsa kita bersatu guna mewujudkan kemerdekaan. Sebelum peristiwa tersebut beberapa mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Boedi Oetomo telah mulai menyemai benih persatuan bangsa melalui jalur organisasi. Dalam sejarah Indonesia, pemuda selalu memiliki peranan luar biasa sebagai “avant garde” (ujung tombak) perubahan.
Pemerintah juga harus turun langsung dalam memperkenalkan koperasi ke masyarakat. Misalnya mengadakan seminar-seminar di rukun tetangga (RT), mengenalkan peraturan-peraturan koperasi dan fungsi koperasi itu sendiri pada masyarakat, mengadakan tanya jawab tentang koperasi supaya masyarakat mengerti apa yang harus mereka lakukan jika bergabung dengan koperasi. Menjelaskan tentang pentingnya simpanan pokok dan simpanan wajib sebagai sumber modal utama koperasi, agar nantinya masyarakat yang menjadi anggota koperasi lebih memahami mengenai kewajibannya untuk mempunyai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang berasal dari simpanan pokok tersebut yang nantinya berguna untuk kepentingan bersama bagi setiap anggota koperasi. Memberikan penjelasan mengenai prinsip koperasi untuk memotivasi kembali warga agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh koperasi dalam upaya mempertinggi kualitas dan kehidupan masyarakat .
Kita juga bisa memanfaatkan media teknologi yang sekarang sudah maju, mulai dari internet atau media massa masyarkat. Mengiklankan koperasi lewat media menurut saya sudah cukup . Mengiklankan bagaimana kegiatan koperasi, visi dan misi yang di anut, tujuan yang akan dicapai, keuntungan apa yang akan didapat . Dengan pemanfaatan dunia maya (internet) bisa juga dijadikan penguatan jejaring baik internal maupun eksternal lembaga. Bisa dijadikan pula sebagai media kerjasama antara satu lembaga dengan lembaga lainnya dan hasilnya tidak sedikit justru muncul lembaga yang menjadi besar karena jalur “online”nya.
Para pemuda bisa jadi lebih memilih berkarir di perusahaan besar karena melihat potensi koperasi yang tidak menjanjikan. Karena itu perlu dukungan dari pemerintah, dunia usaha, pendidikan dan insentif khusus seperti permodalan agar pemuda mau terlibat dalam kepengurusan koperasi. Perubahan pola pikir dari keinginan untuk menjadi pegawai menjadi mental wirausaha harus senantiasa ditumbuhkan. Motivasi untuk merubah tantangan dan kelemahan yang ada di koperasi menjadi peluang yang menjanjikan harus senantiasa disampaikan kepada para pemuda.
Untuk itu membutuhkan keterlibatan sekolah, karang taruna dan perguruan tinggi dalam membentuk karakter pemuda yang bermental wirausaha, tangguh dan berorientasi memajukan perekonomian rakyat. Di beberapa perguruan tinggi, mata kuliah wirausaha diajarkan kepada mahasiswa. Pada kenyataannya banyak materi perkuliahan yang hanya bersifat teori berwirausaha. Muatan motivasi dan dorongan untuk membuka usaha masih minim. Untuk mengelola koperasi dibutuhkan pemuda yang memiliki mental tangguh dan visi ekonomi kerakyatan memadai. Pola pikir ini perlu ditanamkan sejak dini melalui pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Agar para pemuda juga ikut ambil adil dalam perekonomian ini.
Mungkin dengan cara ini koperasi Indonesia bisa lebih maju dalam perekonomian dan lebih maju dan siap untuk menghadapi dunia globalisasi yang semakin maju dan berkembang.
http://anggita-nurul.blogspot.com/2012/10/cara-mensosialisasikan-koperasi-pada.html
http://ayumegadarmaberlianlestari.blogspot.com/2012/10/cara-mensosialisasikan-koperasi-kepada.html
Selasa, 10 Juli 2012
Sistem Perekonomian Indonesia Pada Pemerintahan SBY
Sistem Perekonomian pada masa pemerintahan SBY
Kondisi perekonomian Indonesia pada masa pemerintahan SBY mengalami perkembangan yang sangat baik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh pesat di tahun 2010 seiring pemulihan ekonomi dunia pasca krisis global yang terjadi sepanjang 2008 hingga 2009.Terbukti, perekonomian Indonesia mampu bertahan dari ancaman pengaruh krisis ekonomi dan finansial yang terjadi di zona Eropa. Kinerja perekonomian Indonesia akan terus bertambah baik, tapi harus disesuaikan dengan kondisi global yang sedang bergejolak. Ekonomi Indonesia akan terus berkembang, apalagi pasar finansial, walaupun sempat terpengaruh krisis, tetapi telah membuktikan mampu bertahan. Sementara itu, pemulihan ekonomi global berdampak positif terhadap perkembangan sektor eksternal perekonomian Indonesia.Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berhasil mendobrak dan menjadi katarsis terhadap kebuntuan tersebut. Korupsi dan kemiskinan tetap menjadi masalah di Indonesia. Namun setelah beberapa tahun berada dalam kepemimpinan nasional yang tidak menentu, SBY telah berhasil menciptakan kestabilan politik dan ekonomi di Indonesia.
Salah satu penyebab utama kesuksesan perekonomian Indonesia adalah efektifnya kebijakan pemerintah yang berfokus pada disiplin fiskal yang tinggi dan pengurangan utang Negara.Perkembangan yang terjadi dalam lima tahun terakhir membawa perubahan yang signifikan terhadap persepsi dunia mengenai Indonesia. Namun masalah-masalah besar lain masih tetap ada. Pertama, pertumbuhan makroekonomi yang pesat belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat secara menyeluruh. Walaupun Jakarta identik dengan vitalitas ekonominya yang tinggi dan kota-kota besar lain di Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat, masih banyak warga Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan.
Masa Kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono terdapat kebijakan kontroversial yaitu mengurangi subsidi BBM, atau dengan kata lain menaikkan harga BBM. Kebijakan ini dilatar belakangi oleh naiknya harga minyak dunia. Anggaran subsidi BBM dialihkan ke subsidi sektor pendidikan dan kesehatan, serta bidang-bidang yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Kebijakan kontroversial pertama itu menimbulkan kebijakan kontroversial kedua, yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat miskin. Kebanyakan BLT tidak sampai ke tangan yang berhak, dan pembagiannya menimbulkan berbagai masalah sosial. Kebijakan yang ditempuh untuk meningkatkan pendapatan perkapita adalah mengandalkan pembangunan infrastruktur massal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta mengundang investor asing dengan janji memperbaiki iklim investasi. Salah satunya adalah diadakannya Indonesian Infrastructure Summit pada bulan November 2006 lalu, yang mempertemukan para investor dengan kepala-kepala daerah.
Menurut Keynes, investasi merupakan faktor utama untuk menentukan kesempatan kerja. Mungkin ini mendasari kebijakan pemerintah yang selalu ditujukan untuk memberi kemudahan bagi investor, terutama investor asing, yang salah satunya adalah revisi undang-undang ketenagakerjaan. Jika semakin banyak investasi asing di Indonesia, diharapkan jumlah kesempatan kerja juga akan bertambah.
Selain itu, pada periode ini pemerintah melaksanakan beberapa program baru yang dimaksudkan untuk membantu ekonomi masyarakat kecil diantaranya PNPM Mandiri dan Jamkesmas. Pada prakteknya, program-program ini berjalan sesuai dengan yang ditargetkan meskipun masih banyak kekurangan disana-sini.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/perekonomian-indonesia-di-era-reformasi/
http://ambaratmodjo.blogspot.com/2011/03/perekonomian-indonesia-pada-masa.html
Kondisi perekonomian Indonesia pada masa pemerintahan SBY mengalami perkembangan yang sangat baik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh pesat di tahun 2010 seiring pemulihan ekonomi dunia pasca krisis global yang terjadi sepanjang 2008 hingga 2009.Terbukti, perekonomian Indonesia mampu bertahan dari ancaman pengaruh krisis ekonomi dan finansial yang terjadi di zona Eropa. Kinerja perekonomian Indonesia akan terus bertambah baik, tapi harus disesuaikan dengan kondisi global yang sedang bergejolak. Ekonomi Indonesia akan terus berkembang, apalagi pasar finansial, walaupun sempat terpengaruh krisis, tetapi telah membuktikan mampu bertahan. Sementara itu, pemulihan ekonomi global berdampak positif terhadap perkembangan sektor eksternal perekonomian Indonesia.Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berhasil mendobrak dan menjadi katarsis terhadap kebuntuan tersebut. Korupsi dan kemiskinan tetap menjadi masalah di Indonesia. Namun setelah beberapa tahun berada dalam kepemimpinan nasional yang tidak menentu, SBY telah berhasil menciptakan kestabilan politik dan ekonomi di Indonesia.
Salah satu penyebab utama kesuksesan perekonomian Indonesia adalah efektifnya kebijakan pemerintah yang berfokus pada disiplin fiskal yang tinggi dan pengurangan utang Negara.Perkembangan yang terjadi dalam lima tahun terakhir membawa perubahan yang signifikan terhadap persepsi dunia mengenai Indonesia. Namun masalah-masalah besar lain masih tetap ada. Pertama, pertumbuhan makroekonomi yang pesat belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat secara menyeluruh. Walaupun Jakarta identik dengan vitalitas ekonominya yang tinggi dan kota-kota besar lain di Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat, masih banyak warga Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan.
Masa Kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono terdapat kebijakan kontroversial yaitu mengurangi subsidi BBM, atau dengan kata lain menaikkan harga BBM. Kebijakan ini dilatar belakangi oleh naiknya harga minyak dunia. Anggaran subsidi BBM dialihkan ke subsidi sektor pendidikan dan kesehatan, serta bidang-bidang yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Kebijakan kontroversial pertama itu menimbulkan kebijakan kontroversial kedua, yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat miskin. Kebanyakan BLT tidak sampai ke tangan yang berhak, dan pembagiannya menimbulkan berbagai masalah sosial. Kebijakan yang ditempuh untuk meningkatkan pendapatan perkapita adalah mengandalkan pembangunan infrastruktur massal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta mengundang investor asing dengan janji memperbaiki iklim investasi. Salah satunya adalah diadakannya Indonesian Infrastructure Summit pada bulan November 2006 lalu, yang mempertemukan para investor dengan kepala-kepala daerah.
Menurut Keynes, investasi merupakan faktor utama untuk menentukan kesempatan kerja. Mungkin ini mendasari kebijakan pemerintah yang selalu ditujukan untuk memberi kemudahan bagi investor, terutama investor asing, yang salah satunya adalah revisi undang-undang ketenagakerjaan. Jika semakin banyak investasi asing di Indonesia, diharapkan jumlah kesempatan kerja juga akan bertambah.
Selain itu, pada periode ini pemerintah melaksanakan beberapa program baru yang dimaksudkan untuk membantu ekonomi masyarakat kecil diantaranya PNPM Mandiri dan Jamkesmas. Pada prakteknya, program-program ini berjalan sesuai dengan yang ditargetkan meskipun masih banyak kekurangan disana-sini.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/perekonomian-indonesia-di-era-reformasi/
http://ambaratmodjo.blogspot.com/2011/03/perekonomian-indonesia-pada-masa.html
Minggu, 08 Juli 2012
Surat Kecil Untuk Tuhan (SKUT)
SURAT KECIL UNTUK TUHAN
Resensi novel
• Judul novel : Surat kecil Untuk Tuhan (SKUT)
• Penerbit : Inandra Publisher
• Pengarang : Agnes Davonar
• Tebal halaman : 228 halaman
• Tahun terbit : 2008
Tokoh dalam novel
• Keke
• Ayah Keke
• Andi
• Sahabat keke
• Dr.Mukhlis
• Dr.Ady
• Kaka Kiki
Ringkasn cerita
Kisah seorang gadis cantik yang bernama keke ia berumur 13 tahun yang divonis oleh dokter menderita penyakit kangker ganas bernama Radbomiosarkoma penyakit ini sangat langka bahkan baru ada pertama kali di Indonesia. Penyakit ini menyerang sebagian wajah dari keke. Hati ayah mana yang tidak hancur ketika haus mengatahi bahwa putri kesayangannya harus kehilangan sebagian wajahnya dan kekepun mulai bertanya kepada sang ayah mengapa wajahnya terdapat gumpalan besar. Sang ayah dan keluarga merahasiakan penyakit keke kepada keke. Namun perlahan keke mulai menyadari bahwa penyakit yang dideritanya bukanlah penyakit biasa. Tetapi dengan divonisnya keke ia memberikan senyuman kepada orang-orang dan tetap melanjutkan prestasinya dibangku sekolah. Perjuangan keke melawan penyakitnya membuahkan hasil, kebesaran Tuhan membuat keke dapat hidup lebih lama lagi. Oprasi keke berhasil dan itu berarti keke miliki kesempatan hidup yang lebih panjang dari vonis dokter. Tetapi selang beberapa saat penyakit keke pun menyarang dan akirnya dokterpun menyerah kepada penyakt yang diderita oleh keke. Dan akirnya keke harus meninggal pada 25 Desember 2006.
In memorial
In memorial gitta sessa wanda cantika.
Surat Kecil Untuk Tuhan
Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan di dunia ini.
Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku,
terjadi pada orang lain.
Tuhan…
Bolehkah aku menulis surat kecil untuk-Mu
Tuhan…
Bolehkah aku memohon satu hal kecil untuk-Mu
Tuhan…
Biarkanlah aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya..
Tuhan…
Izinkanlah rambutku kembali tumbuh, agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya.
Tuhan…
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bisa memberikan kebahagiaan
kepada ayah dan sahabat-sahabatku
Tuhan…
Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa
Agar aku bisa memberikan arti hidup
kepada siapapun yang mengenalku..
Tuhan ..
Surat kecil-ku ini
adalah surat terakhir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali…
Ke dunia yang Kau berikan padaku..
Makna yang diperoleh :
Makna yang diperoleh dari membaca novel tersebut sangat banyak seperti kita tidak boleh cepat menyerah dan putus asa atas cobaan yang dikasih oleh Tuhan karena cobaan yang Ia berikan pasti semuanya dapat kita lewati. Dan tetaplah menjadi manusia yang tegar dalam segala macam cobaan.
Resensi novel
• Judul novel : Surat kecil Untuk Tuhan (SKUT)
• Penerbit : Inandra Publisher
• Pengarang : Agnes Davonar
• Tebal halaman : 228 halaman
• Tahun terbit : 2008
Tokoh dalam novel
• Keke
• Ayah Keke
• Andi
• Sahabat keke
• Dr.Mukhlis
• Dr.Ady
• Kaka Kiki
Ringkasn cerita
Kisah seorang gadis cantik yang bernama keke ia berumur 13 tahun yang divonis oleh dokter menderita penyakit kangker ganas bernama Radbomiosarkoma penyakit ini sangat langka bahkan baru ada pertama kali di Indonesia. Penyakit ini menyerang sebagian wajah dari keke. Hati ayah mana yang tidak hancur ketika haus mengatahi bahwa putri kesayangannya harus kehilangan sebagian wajahnya dan kekepun mulai bertanya kepada sang ayah mengapa wajahnya terdapat gumpalan besar. Sang ayah dan keluarga merahasiakan penyakit keke kepada keke. Namun perlahan keke mulai menyadari bahwa penyakit yang dideritanya bukanlah penyakit biasa. Tetapi dengan divonisnya keke ia memberikan senyuman kepada orang-orang dan tetap melanjutkan prestasinya dibangku sekolah. Perjuangan keke melawan penyakitnya membuahkan hasil, kebesaran Tuhan membuat keke dapat hidup lebih lama lagi. Oprasi keke berhasil dan itu berarti keke miliki kesempatan hidup yang lebih panjang dari vonis dokter. Tetapi selang beberapa saat penyakit keke pun menyarang dan akirnya dokterpun menyerah kepada penyakt yang diderita oleh keke. Dan akirnya keke harus meninggal pada 25 Desember 2006.
In memorial
In memorial gitta sessa wanda cantika.
Surat Kecil Untuk Tuhan
Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan di dunia ini.
Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku,
terjadi pada orang lain.
Tuhan…
Bolehkah aku menulis surat kecil untuk-Mu
Tuhan…
Bolehkah aku memohon satu hal kecil untuk-Mu
Tuhan…
Biarkanlah aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya..
Tuhan…
Izinkanlah rambutku kembali tumbuh, agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya.
Tuhan…
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bisa memberikan kebahagiaan
kepada ayah dan sahabat-sahabatku
Tuhan…
Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa
Agar aku bisa memberikan arti hidup
kepada siapapun yang mengenalku..
Tuhan ..
Surat kecil-ku ini
adalah surat terakhir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali…
Ke dunia yang Kau berikan padaku..
Makna yang diperoleh :
Makna yang diperoleh dari membaca novel tersebut sangat banyak seperti kita tidak boleh cepat menyerah dan putus asa atas cobaan yang dikasih oleh Tuhan karena cobaan yang Ia berikan pasti semuanya dapat kita lewati. Dan tetaplah menjadi manusia yang tegar dalam segala macam cobaan.
Senin, 04 Juni 2012
SISTEM EKONOMI KERAKYATAN
Ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat.Dimana ekonomi rakyat sendiri adalah sebagai kegiatan ekonomi atau usaha yang dilakukan oleh rakyat kebanyakan (popular) yang dengan secara swadaya mengelola sumberdaya ekonomi apa saja yang dapat diusahakan dan dikuasainya, yang selanjutnya disebut sebagai Usaha Kecil dan Menegah (UKM) terutama meliputi sektor pertanian, peternakan, kerajinan, makanan, dsb., yang ditujukan terutama untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan keluarganya tanpa harus mengorbankan kepentingan masyarakat lainnya.
Secara ringkas Konvensi ILO169 tahun 1989 memberi definisi ekonomi kerakyatan adalah ekonomi tradisional yang menjadi basis kehidupan masyarakat local dalam mempertahan kehidupannnya. Ekonomi kerakyatan ini dikembangkan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat local dalam mengelola lingkungan dan tanah mereka secara turun temurun. Aktivitas ekonomi kerakyatan ini terkait dengan ekonomi sub sisten antara lain pertanian tradisional seperti perburuan, perkebunan, mencari ikan, dan lainnnya kegiatan disekitar lingkungan alamnya serta kerajinan tangan dan industri rumahan. Kesemua kegiatan ekonomi tersebut dilakukan dengan pasar tradisional dan berbasis masyarakat, artinya hanya ditujukan untuk menghidupi dan memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya sendiri. Kegiatan ekonomi dikembangkan untuk membantu dirinya sendiri dan masyarakatnya, sehingga tidak mengekploitasi sumber daya alam yang ada.
Secara ringkas Konvensi ILO169 tahun 1989 memberi definisi ekonomi kerakyatan adalah ekonomi tradisional yang menjadi basis kehidupan masyarakat local dalam mempertahan kehidupannnya. Ekonomi kerakyatan ini dikembangkan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat local dalam mengelola lingkungan dan tanah mereka secara turun temurun. Aktivitas ekonomi kerakyatan ini terkait dengan ekonomi sub sisten antara lain pertanian tradisional seperti perburuan, perkebunan, mencari ikan, dan lainnnya kegiatan disekitar lingkungan alamnya serta kerajinan tangan dan industri rumahan. Kesemua kegiatan ekonomi tersebut dilakukan dengan pasar tradisional dan berbasis masyarakat, artinya hanya ditujukan untuk menghidupi dan memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya sendiri. Kegiatan ekonomi dikembangkan untuk membantu dirinya sendiri dan masyarakatnya, sehingga tidak mengekploitasi sumber daya alam yang ada.
MENJADI SEORANG PENGUSAHA
Menjadi pengusaha muda yang sukses adalah impian semua orang. Sukses diwaktu muda itu adalah sesuatu kebahagiaan yang tidak ada duanya. Karena dengan kesuksesan itu kita dapat membuktikan kepada orang- orang yang sudah menghina kita, dan kita juga dapat membahagiakan orang tua dengan jerih payah yang sudah kita dapatkan.
Menjadi pengusaha tentu tidaklah mudah banyak persoalan yang harus kita hadapi. Seperti modal yang tidaklah sedikit, mencari peminat dari usaha yang kita buat hingga sebagainya. Dan menjadi pengusaha pula membutuhkan mental yang kuat dan tangguh. Karena diluar sana sudah banyak pesaing- pesaing.
Bisnis on line adalah bisnis yang paling saya lirik untuk menjalankan bisnis sekarang selain modalnya tidak sebanyak bisnis pada umumnya bisnis on line juga tidak terlalu menguras tenaga. Karena kita hanya memfoto lalu upload-nya. Dengan begitu bisnis ini tidak terlalu mengganggu waktu kuliah saya dan saya pun juga masih bisa menambah uang jajan saya.
Mungkin bagi kalian para pelajar bisnis ini adalah bisnis yang paling cocok untuk kalian. Selain dapat menambah uang saku kalian, kalian juga bisa memantu orang tua kalian.
Menjadi pengusaha tentu tidaklah mudah banyak persoalan yang harus kita hadapi. Seperti modal yang tidaklah sedikit, mencari peminat dari usaha yang kita buat hingga sebagainya. Dan menjadi pengusaha pula membutuhkan mental yang kuat dan tangguh. Karena diluar sana sudah banyak pesaing- pesaing.
Bisnis on line adalah bisnis yang paling saya lirik untuk menjalankan bisnis sekarang selain modalnya tidak sebanyak bisnis pada umumnya bisnis on line juga tidak terlalu menguras tenaga. Karena kita hanya memfoto lalu upload-nya. Dengan begitu bisnis ini tidak terlalu mengganggu waktu kuliah saya dan saya pun juga masih bisa menambah uang jajan saya.
Mungkin bagi kalian para pelajar bisnis ini adalah bisnis yang paling cocok untuk kalian. Selain dapat menambah uang saku kalian, kalian juga bisa memantu orang tua kalian.
MAKNA SUKSES
Semua orang berhak mendapatkan kesuksesan dan semua orang berhak untuk sukses. Semua orang yang berhak mendapatkan kesuksesan itu adalah orang yang bersungguh- sungguh meraih kesuksesan. Banyak orang yang takut akan kegagalan dalam meraih kesuksesan. Tetapi, kegagalan itu terkadang menjadi sebuah keberhasilan yang tertunda. Banyak orang-orang yang sukses pernah mengalami kegagalan bahkan mereka mengalami kegagalan berkali-kali. Tetapi mereka jadikan kegagalan itu menjadi sebuah cambukan untuk dia agar menjadi lebih sukses. Mereka tidak inggin kegagalan itu terulang kembali dan mereka berusaha untuk tidak melakukan kesalahannya kembali.
Pada dasarnya semua orang didunia ini tanpa terkecuali inggin meraih kesuksesan dalam hal apapun, baik dalam hal pendidikan atau dunia karier. Tetapi dalam kenyataan yang ada banyak sekali rintangan untuk meraih kesusesan itu seperti rasa pesimis, takut gagal, atau malas dalam menjalankan tugas. Tetapi semua itu harus kita lawan karena kalau semua rasa itu tidak kita buang maka kesuksesan akan semakin jauh dari diri kita.
Bagi saya meraih sesuatu yang kita inginkan adalah meraih kepuasan dalam diri. Dan bila satu kesuksesan sudah kita peroleh maka kesuksesan yang lainnyapun akan menghampiri. Jadi jangan pernah takut dan jangan pernah ragu untuk maju terus untuk meraih dan menjemput kesuksesan. Kita berhak mendapatan kesuksesan dan kita berhak memperolehnya.
Pada dasarnya semua orang didunia ini tanpa terkecuali inggin meraih kesuksesan dalam hal apapun, baik dalam hal pendidikan atau dunia karier. Tetapi dalam kenyataan yang ada banyak sekali rintangan untuk meraih kesusesan itu seperti rasa pesimis, takut gagal, atau malas dalam menjalankan tugas. Tetapi semua itu harus kita lawan karena kalau semua rasa itu tidak kita buang maka kesuksesan akan semakin jauh dari diri kita.
Bagi saya meraih sesuatu yang kita inginkan adalah meraih kepuasan dalam diri. Dan bila satu kesuksesan sudah kita peroleh maka kesuksesan yang lainnyapun akan menghampiri. Jadi jangan pernah takut dan jangan pernah ragu untuk maju terus untuk meraih dan menjemput kesuksesan. Kita berhak mendapatan kesuksesan dan kita berhak memperolehnya.
Jumat, 13 April 2012
SISTEM EKONOMI INDONESIA dan PENDAPATAN NASIONAL, PERTUMBUHAN, DAN STRUKTUR EKONOMI
Sistem Ekonomi Indonesia
3.1 PENGERTIAN SISTEM
System pada dasarnya adalah suatu organisasi besar yang menjalin berbagai subjek (objek) serta kelembagaan dalam suatu tantanan tertentu. Subjek atau objek pembentuk sebuah system dapat berupa orang orang atau masyarakat, untuk suatu system social mahluk mahluk hidup suatu system kehidupan, barang atau alat untuk suatu sitem peralatan, atau kumpulan fakta untuk sebuah system informasi bahkan kombinasi dari subjek subjek tersebut. Perangkat kelembagaan meliputi lembaga atau wadah subjek (objek) itu berhubungan, cara kerja dan mekanisme yang menjalin hubungan subjek (objek) jadi serta kaidah atau norma yang mengatur hubungan subjek (objek) tersebut agar serasi. Sebagai suatu organisasi setiap system tertentu mempunyai tujuan tertentu. Kaidah atau norma bisa berupa aturan atau peraturan, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Untuk suatu system yang menjalin hubungan antara sesama. Kadiah itu juga bisa aturan aturan teknis untuk suatu sitem yang menjalin hubungan antarkomponen sebuah atau perlengkapan. System bukan sekedar kumpulan subjek (misalnya kumpulan prang atau msyarakat)bukan juga kumpulan lembaga atau organisasi. Sebuah system adalah kumpulan dari semua itu, mencangkup subjek (objek) dan perangkat kelembagaan yang membentuknya.
Setiap system jika dirinci memiliki sub system yakni system sistem yang lebih kecil. Sebalikinya setiap system pada hakekatnya senantiasa merupakan bagian suparasistem kehidupan social kemasyarakatan.
3.2 SISTEM EKONOMI DAN SISTEM POLITIK
System ekonomi adalah suatu system yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi atar manusia dengan seperangkat kelembagaan yang mengatur dan menjalinnya dalam bidang ekonomi. Suatu system ekonomi tidaklah berdiri sendiri. Ia berkaitan dengan falsafah pandangan dan pola hidup masyarakatnya yang berpijak. Olehkarnanya bukanlah hal yang mengherankan apabila dalam suatu perjalanan atau penerapan system ekonomi dalam suatu Negara akan berjalan mulus apabila lingkungan kelembagaannya mendukung. Didunia ini terdapat kecendrungan umum bahwa system ekonomi disebuah Negara “bergandengan tangan” dengan system politik di Negara bersangkutan, idiologi ekonomi berjalan seiring dengan idiologi politik.
Sistem politik suatu Negara dikatakan bersifat khas, sehingga bisa dibedakan dari system ekonomi yang berlaku atau diterapkan dinegara lain berdasarkan beberapa sudut tinjauan seperti:
1. System kepemilikan atau factor factor produksi
2. Keleluasaan masyarakat saling berkompotensi satu sama lain
3. Kadar peranan pemerintah dan mengatur, mengarahkan, dan merencanakan kehidupan bisnis dan perekonomian pada umumnya.
3.3 KAPITALIS DAN SOSIALISME
Ada dua macam system ekonomi yang dikenal yaitu ekstrem, system ekonomi kapitalis dan sitem ekonomi sosialis. System ekonomi kapitalis mengakui pemilikan individual atas dasar sumber daya sumber daya ekonomi atau factor faltor produksi. Prinsip ‘’keadilan’’ yang dianut oleh system ekonomi kapitalis adalah “setiap orang menerima imbalan berdasarkan prestasi kerjanya”. Campur tanggan pemerintah atau Negara sangat minim. Pemerintah lebih berkedudukan sebagai “pengamat” dan pelindung perekonomian. Prinsip keadilan yang dianut oleh system ekonomi sosialis ialah “setiap orang menerima imbalan sama”. Kadar campur tangan pemerintah sanggat tinggi. Justru pemerintahlah yang menentukan dan merencanakan tiga persoalan pokok ekonomi [ what (apa yang harus diproduksi), how (bagaimana memproduksinya) dan for whom (untuk siapa diproduksi)].
Dalam terminology teori mikroekonomi kapitalis suatu system ekonomi yang menyadarkan diri sepenuhnya pada mekanisme pasar, prinsip laissez faire (persaingan bebas) meyakini kemampuan yang menuju efensiesi ekonomi. System ekonomi sosialis adalah bahwa system ini bukanlah system ekonomi yang tidak memandang penting peranan capital. System ekonomi campuran diterapkan oleh Negara Negara berkembang atau Negara Negara dunia ketiga. Dalam arti kadar kapitalismenya selalu lebuh tinggi atau berbobot sosialismenya.
3.4 PERSAINGAN TERKENDALI
Indonesia mengakui pemilikan individual atas factor factor produksi, kecualiuntuk sumber daya. Sumber daya yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara. Hal ini sebagaimana diketahui bersama, diatur dengan tegas oleh Pasal 33 UUd 1945. Jadi secara konsistional system ekonomi Indonesia bukan kapitalisme dan bukan sosialisme. Kompotensi untuk memperbaiki taraf kehidupan. Berkenaan dengan kompotensi antar indiviu, pemerintah tidak membatasi pilihan seseorang untuk memasuki bidang pendidikan yang diminatnya. Tetapi juga tidak membiarkan orang orang memasuki bidang pendidikan yang sudah jauh dari pasar tenaga kerja. Jadi tidak sepenuhnya dilepas kepada pihak swasta, juga bukan sekedar menyedihkan anggaran atau subsidi dana pendidikan sebagaimana yang berlangsung pada umumnya di Negara Negara kapitalis.
Namun untuk menghindari persaingan tidak sehat dalam pasar barang tertentu yang sudah jenuh, pemerintah mengendalikannya dengan membuka prioritas-prioritas bidang usaha. Sangat terbuka peluang bagi setiap pekerja/ pemodal untuk mendapatkan imbalan lebih. Iklim persaingan berekonomi dan kompotensi berbisnis di Indonesia bukanlah persaingan yang berlepas-lepas, melainkan persaingan yang terencana-terkendali. Dalam system ekonomi kapitalis persaingan bersifat bebas tanpa kendali pemerintah. sedangkan dalam system ekonomi sosialis, perencanaan terpusat, sehingga persaingan praktis terkendali, atau bahkan tidak ada sama sekali. Indonesia tidak demikian.indonesia tidak sepenuhnya menyediakan perekonomian pada mekanisme pusat.
3.5 KADAR KAPITALISME DAN SOSIALISME
Unsur- unsur kapitalisme dan sosialisme jelas terkandung dalam pengorganisaian ekonomi Indonesia. Untuk melihat seberapa tebal kadar masing-masing “isme” mewarnai perekonomian, dari dua pendekatan. Pertama mewarnai perekonmian dari dua pendekatan pemerintah atau Negara dalam struktur perekomomian. Kedua pendekatan sejarah yakni dengan menelusuri bagaimana perekonomian bangsa diorganisaikan dalam waktu kewaktu.
Untuk mengukur kadar keterlibatan pemerintah dalam perekonomian dengan pendekatan factual-struktural menelaah peranan pemerintah dalam perekonomian bangsa diorganisaikan dari waktu ke waktu. Untuk mengukur kadar keterlibatan pemerintah dalam perekonomian bangsa dengan pendekatan factual-struktural, dapat digunakan kesamaan agregat Keynesian berumuskan Y=C+I+G+(X-M). kesamaan ini merupakan rumus untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran. Rumus ini memiliki fungsi :
C : pengeluaran konsumsi masyarakat
I : pengeluaran investasi
G : pengeluaran konsumsi pemerintah
X dan M : melambangkan export dan impor
Peranan pengeluaran konsumsi pemrintah relative konstan atau stabil. Peranan pemerintah dalam perekonomian tidak cukup hanya dilihat melalui variable G. Hal ini mengingat didalam I sesungguhnya terdapat pula unsure investasi pemerintah. Begitupun halnya dengan variable (X-M), selisih ekspor-impor. Dapat disimpulkan bahwa peranan konsumtif pemerintah tidak semakin membesar, bahkan cenderung menurun. Dan keterlibatan pemerintah dalam mengatur sector-sektor produksi dan berbagai kegiatan bisnis, terutama dalam hal penentuan harga dan tata niaga. Nyaris di semua sector dan segala kegiatan bisnis, pemerintah turut terlibat sebagai “pemain” dalam percaturan ekonomi. System ekonomi campuran dengan persaingan terkendali agaknya merupakan system ekonomi yang tepat untuk mengelola perekonomian Indonesia. Derasnya arus globalisiasi bersamaan dengan bubarnya sejumlah Negara komunis utama yang bersistem ekonomi sosialisme, telah menggiring Indonesia tersesat arus kapitalisme
PENDAPATAN NASIONAL, PERTUMBUHAN, DAN STRUKTUR EKONOMI
Prestasi ekonomi suatu bangsa atau Negara dapat dinilai dengan berbagai ukuran agragat. Prestasi tersebut diukur melalui sebuah besaran dengan istilah Pendapatan Nasional. Pendapatan nasional bukan hanya berguna untuk menilai perkembangan ekonomi suatu Negara dari waktu ke waktu, tetapi juga membandingkannya dengan Negara lain. Pendapatan nasional selanjutnya dapat pula diperoleh ukuran turunan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional selanjutnya dapat pula diperoleh perkapita
4.1 KONSEP-KONSEP PENDAPATAN NASIONAL INDONESIA
Dalam arti sempit pendapatan nasional adalah terjemahan langsung dari nasional income. Dalam arti luas pendapatan nasional menujuk ke PDB, GDP, PNB, GNP, PNN, NNP. Teori makroekonomi menjelaskan dengan rinci pengertian dari masing-masing konsep dalam hal ini istilah pendapatan nasional digunakan dalam arti luas, sehingga ia dapat merujuk ke salah satu dari konsep-konsep tadi. Kecuali disebutkan spesifik, kita akan menggunakan istilah pendapatan nasional untuk menyatakan secara umum prestasi ekonomi suatu bangsa dan negra.
4.1.1 METODE PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL
Di Indonesia data mengenai pendapatan nasional dikumpulakan dan dihitung serta disajikan oleh biro pusat statistic. Perhitungan pendpatan nasional Indonesia dimulai dengan PDB. Menurut pendekatan PBD adlah jumlah balas jasa yang diterima oleh factor-faktor produksi yang turut serta dalam proses produksi di wilayah suatu Negara dalam jangka waktu setahun. Balas jasa yang diterima oleh factor-faktor produksi yang turut serta dalam proses produksi di wilayah suatu Negara dalam jangka waktu satu tahun. Balas jasa produksi dimaksud meliputi gaji dan sewa tanah, bunga moda; dan keuntungan. PBD juga mencakup penyusutan dan pajak-pajak tak langsung. Menurut pendekatan pengeluaran, PBD jumlah seluruh komponen permintaan akir meliputi penggeluaran konsumsi rumah tangga, pembentukan modal, pengeluaran konsumsi pemerintah dan ekspr neto. PNB adalah produk domestic bruto ditambah pendapatan neto atas factor atas luar negri. Pajak tak langsung jumlah seluruh pajak tak langsung yang dipunngut pemerintah dikurangi jumlah seluruh subsidi yang diberikan pemerintah. PNN atas dasar biaya factor produksi inilah yang disebut dengan pendapatan nasional.
4.1.2 METODE PENGHITUNGAN PERTUMBUHAN RIIL
PDB, PNB,PNN, dan PN secara umum disebut agregat ekonomi. Ada tiga metode untuk mengubah angka menurut harga berlaku menjadi angka konsisten yaitu
1) Metode revaluasi : menilai produksi masing-masing tahun dengan menggunakan harga tahun tertentu yang dijadikan tahun dasar
2) Metode ekstrapolasi : memperbaruhi nilai tahun dasar sesuai dengan indeks produksi atau tinggkat pertumbuhan riil dari tahun sebelumnya.
3) Metode deflasi: membagi nilai masing-masing tahun dengan relative yang sesuai.
4.1.3 METODE PERHITUNGAN NILAI TAMBAH
Nilai tambah adalah selisih anatara nilai akir suatu produk dengan bahan bakunya. Nilai tambah yang dihitung menurut harga tahun yang berjalan disebut nilai tambah menurut harga berlaku. Nilai tambah harga tahun yang berjalan disebut nilai tambah menurut harga berlaku. Menghitung nilai tambah menurut harga konstan terdapat empat macam yaitu :
1) Metode deflasi ganda : nilai tambah dilakukan jika keluaran menurut harga konstan dihitung dari perhitungan keluran menurut harga konstan atau langsung menggunakan indeks produksi yang sesuai
2) Metode ekstrapolasi: langsung dilakukan dengan mengunakan perkiraan-perkiraan dari perhitungan keluaran menurut harga konstan atau langsung menggunakan indeks produksi yang sesuai.
3) Metode deflasi komponen : pendapatan yang dillakukan dengan cara mendeflasikan komponen-komponen nilai tambah atas pendapatan yang membentuk unsur nilai tambah atas pendapatan-pendapatan yang membentuk unsur nilai tambah.
PENDAPATAN PERKAPITA DAN KEMISKINAN
Pertumbuhan ekonomi yang membentuk angka dihitung berdasarkan nilai produk domestic bruto bukan semata-mata menujukan peningkatan pendapatan perkapita masyarakat. Tambahan perkapita tidak sepenuhnya teralokasi kepada penduduk, sehingga menambah pendapatan dan meningkatkan kemakmuran mereka sebagian teralokasi kepada penduduk baru. Pendapatan perkapita memang bukan merupakan satu-satunya tolak ukur untuk menilai tingak kemakuran suatu bangsa atau kesejahteraan rakyat sebuah Negara. Pendapatan perkapita adlah sebuah kosep rata-rata, belum menghiraukandistribusinya dikalangan penduduk. Penilaian kesejahteraan penduduk sebuah negri tidak cukuphanya dengan melihat besar kecilnya pendapatan perkapita. Semua tolak ukur yang berpendepkatan nonekonomi maupun yang berpendekatan ekonomi, dan untuk yang berpendekatan ekonomi baik yang ditnjau dari aspek pendapatan maupun yang ditinjau dari aspek nonpendapatan haruslah dilihat serta digunakan secra komplementer dan bukannya secara alternative atau subsitutif.
Tinggakat kesejahteraan penduduk dapat pula dilihat melalui aloakasi pengeluaran konsumsinya. Semakin sejahtera penduduk suatu negri semakin kecil pengeluaran konsumsinya untuk pembelian bahan pangan. Pembangunan dimasa dating tak pelak harus mampu mengentaskan lebih banyakdan lebih cepat lagi jumlah penduduk miskin. Kaum wirasuasta merupakan kebanggan nasional. Guna mengurangi kemiskinan maka, selain tindakan nyata melaui program-program pembangunan untuk itu, perlu diciptakan prakondisi yang mendukungnya.
4.4 STRUKTUR EKONOMI INDONESIA
Struktur ekonomi dapat dilihat setidaknya berdasarkan empat macam sudut tinjauan yaitu :
1. Tinjauan maktro-sektoral
2. Tinjauan keruangan
3. Tinjauan penyelenggaraan kenegaraan
4. Tinjauan birokasi
3.1 PENGERTIAN SISTEM
System pada dasarnya adalah suatu organisasi besar yang menjalin berbagai subjek (objek) serta kelembagaan dalam suatu tantanan tertentu. Subjek atau objek pembentuk sebuah system dapat berupa orang orang atau masyarakat, untuk suatu system social mahluk mahluk hidup suatu system kehidupan, barang atau alat untuk suatu sitem peralatan, atau kumpulan fakta untuk sebuah system informasi bahkan kombinasi dari subjek subjek tersebut. Perangkat kelembagaan meliputi lembaga atau wadah subjek (objek) itu berhubungan, cara kerja dan mekanisme yang menjalin hubungan subjek (objek) jadi serta kaidah atau norma yang mengatur hubungan subjek (objek) tersebut agar serasi. Sebagai suatu organisasi setiap system tertentu mempunyai tujuan tertentu. Kaidah atau norma bisa berupa aturan atau peraturan, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Untuk suatu system yang menjalin hubungan antara sesama. Kadiah itu juga bisa aturan aturan teknis untuk suatu sitem yang menjalin hubungan antarkomponen sebuah atau perlengkapan. System bukan sekedar kumpulan subjek (misalnya kumpulan prang atau msyarakat)bukan juga kumpulan lembaga atau organisasi. Sebuah system adalah kumpulan dari semua itu, mencangkup subjek (objek) dan perangkat kelembagaan yang membentuknya.
Setiap system jika dirinci memiliki sub system yakni system sistem yang lebih kecil. Sebalikinya setiap system pada hakekatnya senantiasa merupakan bagian suparasistem kehidupan social kemasyarakatan.
3.2 SISTEM EKONOMI DAN SISTEM POLITIK
System ekonomi adalah suatu system yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi atar manusia dengan seperangkat kelembagaan yang mengatur dan menjalinnya dalam bidang ekonomi. Suatu system ekonomi tidaklah berdiri sendiri. Ia berkaitan dengan falsafah pandangan dan pola hidup masyarakatnya yang berpijak. Olehkarnanya bukanlah hal yang mengherankan apabila dalam suatu perjalanan atau penerapan system ekonomi dalam suatu Negara akan berjalan mulus apabila lingkungan kelembagaannya mendukung. Didunia ini terdapat kecendrungan umum bahwa system ekonomi disebuah Negara “bergandengan tangan” dengan system politik di Negara bersangkutan, idiologi ekonomi berjalan seiring dengan idiologi politik.
Sistem politik suatu Negara dikatakan bersifat khas, sehingga bisa dibedakan dari system ekonomi yang berlaku atau diterapkan dinegara lain berdasarkan beberapa sudut tinjauan seperti:
1. System kepemilikan atau factor factor produksi
2. Keleluasaan masyarakat saling berkompotensi satu sama lain
3. Kadar peranan pemerintah dan mengatur, mengarahkan, dan merencanakan kehidupan bisnis dan perekonomian pada umumnya.
3.3 KAPITALIS DAN SOSIALISME
Ada dua macam system ekonomi yang dikenal yaitu ekstrem, system ekonomi kapitalis dan sitem ekonomi sosialis. System ekonomi kapitalis mengakui pemilikan individual atas dasar sumber daya sumber daya ekonomi atau factor faltor produksi. Prinsip ‘’keadilan’’ yang dianut oleh system ekonomi kapitalis adalah “setiap orang menerima imbalan berdasarkan prestasi kerjanya”. Campur tanggan pemerintah atau Negara sangat minim. Pemerintah lebih berkedudukan sebagai “pengamat” dan pelindung perekonomian. Prinsip keadilan yang dianut oleh system ekonomi sosialis ialah “setiap orang menerima imbalan sama”. Kadar campur tangan pemerintah sanggat tinggi. Justru pemerintahlah yang menentukan dan merencanakan tiga persoalan pokok ekonomi [ what (apa yang harus diproduksi), how (bagaimana memproduksinya) dan for whom (untuk siapa diproduksi)].
Dalam terminology teori mikroekonomi kapitalis suatu system ekonomi yang menyadarkan diri sepenuhnya pada mekanisme pasar, prinsip laissez faire (persaingan bebas) meyakini kemampuan yang menuju efensiesi ekonomi. System ekonomi sosialis adalah bahwa system ini bukanlah system ekonomi yang tidak memandang penting peranan capital. System ekonomi campuran diterapkan oleh Negara Negara berkembang atau Negara Negara dunia ketiga. Dalam arti kadar kapitalismenya selalu lebuh tinggi atau berbobot sosialismenya.
3.4 PERSAINGAN TERKENDALI
Indonesia mengakui pemilikan individual atas factor factor produksi, kecualiuntuk sumber daya. Sumber daya yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara. Hal ini sebagaimana diketahui bersama, diatur dengan tegas oleh Pasal 33 UUd 1945. Jadi secara konsistional system ekonomi Indonesia bukan kapitalisme dan bukan sosialisme. Kompotensi untuk memperbaiki taraf kehidupan. Berkenaan dengan kompotensi antar indiviu, pemerintah tidak membatasi pilihan seseorang untuk memasuki bidang pendidikan yang diminatnya. Tetapi juga tidak membiarkan orang orang memasuki bidang pendidikan yang sudah jauh dari pasar tenaga kerja. Jadi tidak sepenuhnya dilepas kepada pihak swasta, juga bukan sekedar menyedihkan anggaran atau subsidi dana pendidikan sebagaimana yang berlangsung pada umumnya di Negara Negara kapitalis.
Namun untuk menghindari persaingan tidak sehat dalam pasar barang tertentu yang sudah jenuh, pemerintah mengendalikannya dengan membuka prioritas-prioritas bidang usaha. Sangat terbuka peluang bagi setiap pekerja/ pemodal untuk mendapatkan imbalan lebih. Iklim persaingan berekonomi dan kompotensi berbisnis di Indonesia bukanlah persaingan yang berlepas-lepas, melainkan persaingan yang terencana-terkendali. Dalam system ekonomi kapitalis persaingan bersifat bebas tanpa kendali pemerintah. sedangkan dalam system ekonomi sosialis, perencanaan terpusat, sehingga persaingan praktis terkendali, atau bahkan tidak ada sama sekali. Indonesia tidak demikian.indonesia tidak sepenuhnya menyediakan perekonomian pada mekanisme pusat.
3.5 KADAR KAPITALISME DAN SOSIALISME
Unsur- unsur kapitalisme dan sosialisme jelas terkandung dalam pengorganisaian ekonomi Indonesia. Untuk melihat seberapa tebal kadar masing-masing “isme” mewarnai perekonomian, dari dua pendekatan. Pertama mewarnai perekonmian dari dua pendekatan pemerintah atau Negara dalam struktur perekomomian. Kedua pendekatan sejarah yakni dengan menelusuri bagaimana perekonomian bangsa diorganisaikan dalam waktu kewaktu.
Untuk mengukur kadar keterlibatan pemerintah dalam perekonomian dengan pendekatan factual-struktural menelaah peranan pemerintah dalam perekonomian bangsa diorganisaikan dari waktu ke waktu. Untuk mengukur kadar keterlibatan pemerintah dalam perekonomian bangsa dengan pendekatan factual-struktural, dapat digunakan kesamaan agregat Keynesian berumuskan Y=C+I+G+(X-M). kesamaan ini merupakan rumus untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran. Rumus ini memiliki fungsi :
C : pengeluaran konsumsi masyarakat
I : pengeluaran investasi
G : pengeluaran konsumsi pemerintah
X dan M : melambangkan export dan impor
Peranan pengeluaran konsumsi pemrintah relative konstan atau stabil. Peranan pemerintah dalam perekonomian tidak cukup hanya dilihat melalui variable G. Hal ini mengingat didalam I sesungguhnya terdapat pula unsure investasi pemerintah. Begitupun halnya dengan variable (X-M), selisih ekspor-impor. Dapat disimpulkan bahwa peranan konsumtif pemerintah tidak semakin membesar, bahkan cenderung menurun. Dan keterlibatan pemerintah dalam mengatur sector-sektor produksi dan berbagai kegiatan bisnis, terutama dalam hal penentuan harga dan tata niaga. Nyaris di semua sector dan segala kegiatan bisnis, pemerintah turut terlibat sebagai “pemain” dalam percaturan ekonomi. System ekonomi campuran dengan persaingan terkendali agaknya merupakan system ekonomi yang tepat untuk mengelola perekonomian Indonesia. Derasnya arus globalisiasi bersamaan dengan bubarnya sejumlah Negara komunis utama yang bersistem ekonomi sosialisme, telah menggiring Indonesia tersesat arus kapitalisme
PENDAPATAN NASIONAL, PERTUMBUHAN, DAN STRUKTUR EKONOMI
Prestasi ekonomi suatu bangsa atau Negara dapat dinilai dengan berbagai ukuran agragat. Prestasi tersebut diukur melalui sebuah besaran dengan istilah Pendapatan Nasional. Pendapatan nasional bukan hanya berguna untuk menilai perkembangan ekonomi suatu Negara dari waktu ke waktu, tetapi juga membandingkannya dengan Negara lain. Pendapatan nasional selanjutnya dapat pula diperoleh ukuran turunan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional selanjutnya dapat pula diperoleh perkapita
4.1 KONSEP-KONSEP PENDAPATAN NASIONAL INDONESIA
Dalam arti sempit pendapatan nasional adalah terjemahan langsung dari nasional income. Dalam arti luas pendapatan nasional menujuk ke PDB, GDP, PNB, GNP, PNN, NNP. Teori makroekonomi menjelaskan dengan rinci pengertian dari masing-masing konsep dalam hal ini istilah pendapatan nasional digunakan dalam arti luas, sehingga ia dapat merujuk ke salah satu dari konsep-konsep tadi. Kecuali disebutkan spesifik, kita akan menggunakan istilah pendapatan nasional untuk menyatakan secara umum prestasi ekonomi suatu bangsa dan negra.
4.1.1 METODE PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL
Di Indonesia data mengenai pendapatan nasional dikumpulakan dan dihitung serta disajikan oleh biro pusat statistic. Perhitungan pendpatan nasional Indonesia dimulai dengan PDB. Menurut pendekatan PBD adlah jumlah balas jasa yang diterima oleh factor-faktor produksi yang turut serta dalam proses produksi di wilayah suatu Negara dalam jangka waktu setahun. Balas jasa yang diterima oleh factor-faktor produksi yang turut serta dalam proses produksi di wilayah suatu Negara dalam jangka waktu satu tahun. Balas jasa produksi dimaksud meliputi gaji dan sewa tanah, bunga moda; dan keuntungan. PBD juga mencakup penyusutan dan pajak-pajak tak langsung. Menurut pendekatan pengeluaran, PBD jumlah seluruh komponen permintaan akir meliputi penggeluaran konsumsi rumah tangga, pembentukan modal, pengeluaran konsumsi pemerintah dan ekspr neto. PNB adalah produk domestic bruto ditambah pendapatan neto atas factor atas luar negri. Pajak tak langsung jumlah seluruh pajak tak langsung yang dipunngut pemerintah dikurangi jumlah seluruh subsidi yang diberikan pemerintah. PNN atas dasar biaya factor produksi inilah yang disebut dengan pendapatan nasional.
4.1.2 METODE PENGHITUNGAN PERTUMBUHAN RIIL
PDB, PNB,PNN, dan PN secara umum disebut agregat ekonomi. Ada tiga metode untuk mengubah angka menurut harga berlaku menjadi angka konsisten yaitu
1) Metode revaluasi : menilai produksi masing-masing tahun dengan menggunakan harga tahun tertentu yang dijadikan tahun dasar
2) Metode ekstrapolasi : memperbaruhi nilai tahun dasar sesuai dengan indeks produksi atau tinggkat pertumbuhan riil dari tahun sebelumnya.
3) Metode deflasi: membagi nilai masing-masing tahun dengan relative yang sesuai.
4.1.3 METODE PERHITUNGAN NILAI TAMBAH
Nilai tambah adalah selisih anatara nilai akir suatu produk dengan bahan bakunya. Nilai tambah yang dihitung menurut harga tahun yang berjalan disebut nilai tambah menurut harga berlaku. Nilai tambah harga tahun yang berjalan disebut nilai tambah menurut harga berlaku. Menghitung nilai tambah menurut harga konstan terdapat empat macam yaitu :
1) Metode deflasi ganda : nilai tambah dilakukan jika keluaran menurut harga konstan dihitung dari perhitungan keluran menurut harga konstan atau langsung menggunakan indeks produksi yang sesuai
2) Metode ekstrapolasi: langsung dilakukan dengan mengunakan perkiraan-perkiraan dari perhitungan keluaran menurut harga konstan atau langsung menggunakan indeks produksi yang sesuai.
3) Metode deflasi komponen : pendapatan yang dillakukan dengan cara mendeflasikan komponen-komponen nilai tambah atas pendapatan yang membentuk unsur nilai tambah atas pendapatan-pendapatan yang membentuk unsur nilai tambah.
PENDAPATAN PERKAPITA DAN KEMISKINAN
Pertumbuhan ekonomi yang membentuk angka dihitung berdasarkan nilai produk domestic bruto bukan semata-mata menujukan peningkatan pendapatan perkapita masyarakat. Tambahan perkapita tidak sepenuhnya teralokasi kepada penduduk, sehingga menambah pendapatan dan meningkatkan kemakmuran mereka sebagian teralokasi kepada penduduk baru. Pendapatan perkapita memang bukan merupakan satu-satunya tolak ukur untuk menilai tingak kemakuran suatu bangsa atau kesejahteraan rakyat sebuah Negara. Pendapatan perkapita adlah sebuah kosep rata-rata, belum menghiraukandistribusinya dikalangan penduduk. Penilaian kesejahteraan penduduk sebuah negri tidak cukuphanya dengan melihat besar kecilnya pendapatan perkapita. Semua tolak ukur yang berpendepkatan nonekonomi maupun yang berpendekatan ekonomi, dan untuk yang berpendekatan ekonomi baik yang ditnjau dari aspek pendapatan maupun yang ditinjau dari aspek nonpendapatan haruslah dilihat serta digunakan secra komplementer dan bukannya secara alternative atau subsitutif.
Tinggakat kesejahteraan penduduk dapat pula dilihat melalui aloakasi pengeluaran konsumsinya. Semakin sejahtera penduduk suatu negri semakin kecil pengeluaran konsumsinya untuk pembelian bahan pangan. Pembangunan dimasa dating tak pelak harus mampu mengentaskan lebih banyakdan lebih cepat lagi jumlah penduduk miskin. Kaum wirasuasta merupakan kebanggan nasional. Guna mengurangi kemiskinan maka, selain tindakan nyata melaui program-program pembangunan untuk itu, perlu diciptakan prakondisi yang mendukungnya.
4.4 STRUKTUR EKONOMI INDONESIA
Struktur ekonomi dapat dilihat setidaknya berdasarkan empat macam sudut tinjauan yaitu :
1. Tinjauan maktro-sektoral
2. Tinjauan keruangan
3. Tinjauan penyelenggaraan kenegaraan
4. Tinjauan birokasi
peranan remaja dan mahasiswa dalam kemajuan bangsa
PERANAN MAHASISWA DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI ERA DULU DAN SEKARANG
Perkembangan zaman semakin lama semakin canggih dengan adanya penemuan penemuan teknologi yang baru dan semakin canggih membuat manusia semakin cepat dalam berkerja. Misalnya pada zaman dahulu banyak masyarakat yang memasak menggunakan kayu sebagai media untuk memasak. Tetapi sekarang dengan adanya kompor minyak dan berubah lagi menjado kompor gas LPG ,asarakat lebih mudah dan praktis dalam memasak. Mereka tidak perlu susah susah mencari kayu sebagai media utama memasak. Cukup denagan membeli gas saja mereka sudah dapat memasak. Dan terlebih lagi masak menggunakan gas lebih bersih disbanding memasak menggunakan kayu.
Perkembangan tekonologi informasilah yang sangat sekali kita rasakan. Misalnya pada zaman dahulu masyarakat sangat sulit untuk menghubungi sodara ataupun kerabatnya. Mereka harus mengirim surat untuk menghubungi kerabatnya. Tatapi dengan ditemukannya pesawat telpon oleh alex sander graham bell masyarakat lebih mudah untuk menghubungi para kerabat dan keluarganya. Dengan beberapa detik saja mereka sudah dapat mendengar bahkan melihat kerabatnya secara langsung tanpa harus mengungu berhari hari.
Perkembangan internetlah yang sangat terasa sekali kita rasakan. Mungkin pada zaman dahulu para pelajar harus belajar menggunakan buku sebagai media ia untuk belajar tetapi dengan adanya internet para pelajar dapat belajar menggunakan intenet. Cukup membuka internet dan mencarinya saja mereka dapat menemukan informasi apa yang mereka inginkan. Kemajuan ini sangat bermanfaat sekali bagi para pelajar terutama mahsiswa. Karena belajar menggunakan internet ini sangat efisien dan lebih hemat kitimbang kita belajar dari buku. Karena segala informasi banyak kita temukan diinternet. Dan kegunaan dari internet bukan hanya sebagai media belajar saja tetapi masih banyak lagi. Kita juga dapat membuat jejaring social seperti facebook, twitter dan e-mail dan sebagainya. Dengan adanya jejaring social inilah kita dapat memperoleh teman baru dan memcari teman lama yang sudah lama tidak kita jumpai. Kita hanya mengaskesnya saja dijejaring social ini dan kita dapat berinteraksi melalui dunia maya. Dan denga adanya ini banyak sekali dosen yang memanfaatjannya untuk mempostig tugas para mahsiswanya. Karena dengan mahsiswa memposting tugasnya kewat blog dan mengirimnya melalui e-mail dosen tidak perlu repot repot. Cukup dengan melihatnya melalui e-mail atau blog para dosen dapat langsung membaca dan menilai tugas para mahsiswanya. Dengan demikian dosen tidak perlu repot repot menerima kertas demi kertas dari para mahsiwanya. Sunggu menarik dan cepat bukan.
Selain tekonologi informasi berupa internet ada lagi kemajuan teknologi berubainformasi ada juga kemajuan teknologi yang canggih lainnya. Dahulu kita sering jumpai computer hampir disetiap rumah. Tetapi sekarang ada lagi yang lebih simple dan dapat dibawa kemana mana yaitu notebook dan leptop. Kemajuan ini y]juga sangat bermanfaat sekali bagi para pelajar terutama mahasiswa. Dengan adanya leptop atau notebook mereka lebih sering menyatat dileptop ketimbang dibuku. Karena menyatat dileptop mereka dapat menyimpannya sesuai dengan nama folder yang mereka inginkan. Dan dapat membawanya kemana mana karena sangat praktis dan mudah dibaw kemana mana. Selain itu mereka juga dapat elajar menggunakan leptop dengan membawa modem dan leptop mereka dapat mencari informasi apa yang sedang mereka butuhkan.
Maka dari itu kita tidak boleh tertinggal dengan teknologi yang super canggih saat ini. Karena teknologi yang canggih ini sangat membantu kita dalam menjalankan tugas sehari hari. Karena selain lebih capat juga kita dapat menghemat waktu dalam menjalankan tugas kita.
Perkembangan zaman semakin lama semakin canggih dengan adanya penemuan penemuan teknologi yang baru dan semakin canggih membuat manusia semakin cepat dalam berkerja. Misalnya pada zaman dahulu banyak masyarakat yang memasak menggunakan kayu sebagai media untuk memasak. Tetapi sekarang dengan adanya kompor minyak dan berubah lagi menjado kompor gas LPG ,asarakat lebih mudah dan praktis dalam memasak. Mereka tidak perlu susah susah mencari kayu sebagai media utama memasak. Cukup denagan membeli gas saja mereka sudah dapat memasak. Dan terlebih lagi masak menggunakan gas lebih bersih disbanding memasak menggunakan kayu.
Perkembangan tekonologi informasilah yang sangat sekali kita rasakan. Misalnya pada zaman dahulu masyarakat sangat sulit untuk menghubungi sodara ataupun kerabatnya. Mereka harus mengirim surat untuk menghubungi kerabatnya. Tatapi dengan ditemukannya pesawat telpon oleh alex sander graham bell masyarakat lebih mudah untuk menghubungi para kerabat dan keluarganya. Dengan beberapa detik saja mereka sudah dapat mendengar bahkan melihat kerabatnya secara langsung tanpa harus mengungu berhari hari.
Perkembangan internetlah yang sangat terasa sekali kita rasakan. Mungkin pada zaman dahulu para pelajar harus belajar menggunakan buku sebagai media ia untuk belajar tetapi dengan adanya internet para pelajar dapat belajar menggunakan intenet. Cukup membuka internet dan mencarinya saja mereka dapat menemukan informasi apa yang mereka inginkan. Kemajuan ini sangat bermanfaat sekali bagi para pelajar terutama mahsiswa. Karena belajar menggunakan internet ini sangat efisien dan lebih hemat kitimbang kita belajar dari buku. Karena segala informasi banyak kita temukan diinternet. Dan kegunaan dari internet bukan hanya sebagai media belajar saja tetapi masih banyak lagi. Kita juga dapat membuat jejaring social seperti facebook, twitter dan e-mail dan sebagainya. Dengan adanya jejaring social inilah kita dapat memperoleh teman baru dan memcari teman lama yang sudah lama tidak kita jumpai. Kita hanya mengaskesnya saja dijejaring social ini dan kita dapat berinteraksi melalui dunia maya. Dan denga adanya ini banyak sekali dosen yang memanfaatjannya untuk mempostig tugas para mahsiswanya. Karena dengan mahsiswa memposting tugasnya kewat blog dan mengirimnya melalui e-mail dosen tidak perlu repot repot. Cukup dengan melihatnya melalui e-mail atau blog para dosen dapat langsung membaca dan menilai tugas para mahsiswanya. Dengan demikian dosen tidak perlu repot repot menerima kertas demi kertas dari para mahsiwanya. Sunggu menarik dan cepat bukan.
Selain tekonologi informasi berupa internet ada lagi kemajuan teknologi berubainformasi ada juga kemajuan teknologi yang canggih lainnya. Dahulu kita sering jumpai computer hampir disetiap rumah. Tetapi sekarang ada lagi yang lebih simple dan dapat dibawa kemana mana yaitu notebook dan leptop. Kemajuan ini y]juga sangat bermanfaat sekali bagi para pelajar terutama mahasiswa. Dengan adanya leptop atau notebook mereka lebih sering menyatat dileptop ketimbang dibuku. Karena menyatat dileptop mereka dapat menyimpannya sesuai dengan nama folder yang mereka inginkan. Dan dapat membawanya kemana mana karena sangat praktis dan mudah dibaw kemana mana. Selain itu mereka juga dapat elajar menggunakan leptop dengan membawa modem dan leptop mereka dapat mencari informasi apa yang sedang mereka butuhkan.
Maka dari itu kita tidak boleh tertinggal dengan teknologi yang super canggih saat ini. Karena teknologi yang canggih ini sangat membantu kita dalam menjalankan tugas sehari hari. Karena selain lebih capat juga kita dapat menghemat waktu dalam menjalankan tugas kita.
Kamis, 22 Maret 2012
STRATEGI BELAJAR DALAM PERGURUAN TINGGI
Belajar dalam perguruan tinggi itu memang berbeda sekali dengan belajar dalam dunia sekolah. Perbedaan itu sangat terasa sekali buat saya. Mungkin kalau belajar di SMA saya sangat santai dan tidak terlalu memikirkan tugas. Karena tugas yang diberikan tidak sesulit dan tidak terlalu banyak seperti diperguruan tinggi. Tetapi bagaimanapun tugas tugas itu harus kita selesaikan dengan tepat waktu dan maksimal. Ada beberapa strategi yang dapat kita pakai dalam belajar di perguruan tinggi strategi itu diantaranya ialah:
• Membuang Rasa Malas Dalam mengerjakan tugas
Mungkin rasa malas sangat sering kita rasakan dalam setiap tugas. Apa lagi kalau tugas yang diberikan oleh dosen sangat banyak dan sulit untuk dikerjakan. Waaah kalau ini juga terkadang sering saya rasakan. Memang sulit untuk membuang rasa malas dalam diri kita karena rasa malas adalah perasaan yang jahat karena malas dapat membunuh segala impian kita. Strategi yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya ialah kita harus ingat dengan masa depan kita. Dan menggantung masa depan kita setinggi tingginya dan mengingat masa depan kita agar kita selalu mengejar masa depan kita. Dan semangat untuk meraih masa depan kita, karena masa depan kita ada ditanggan kita sendiri. Maka dari itu untuk mencapai masa depan yang sukses kita harus rajin mengerjakan tugas.
• Membuang Rasa Malas Dalam mengerjakan tugas
Mungkin rasa malas sangat sering kita rasakan dalam setiap tugas. Apa lagi kalau tugas yang diberikan oleh dosen sangat banyak dan sulit untuk dikerjakan. Waaah kalau ini juga terkadang sering saya rasakan. Memang sulit untuk membuang rasa malas dalam diri kita karena rasa malas adalah perasaan yang jahat karena malas dapat membunuh segala impian kita. Strategi yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya ialah kita harus ingat dengan masa depan kita. Dan menggantung masa depan kita setinggi tingginya dan mengingat masa depan kita agar kita selalu mengejar masa depan kita. Dan semangat untuk meraih masa depan kita, karena masa depan kita ada ditanggan kita sendiri. Maka dari itu untuk mencapai masa depan yang sukses kita harus rajin mengerjakan tugas.
Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak
Kenaikan harga bahan bakar minyak yang akan dilaksanakan pada awal bulan April 2012 ini sudah mulai banyak menimbulkan pro-kontra. Banyak masyarakat yang setuju dengan kebijakan pemerintah menaikan harga bahan bakar dan banyak juga diantara mereka yang tidak setuju dengan kebijakan pemerintah ini. Mereka merasa disulitkan dengan kebijakan ini terutama kaum menegah kebawah. Kenaikan harga BBM sebanyak 1500 per liter ini sangat tidak wajar bagi mereka. Karena penghasilan mereka yang tidak terlalu besar. Tetapi pemerintah sudah menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat kurang mampu sebesar Rp.150.000 selama Sembilan bulan. Tetapi banyak masyarakat yang merasa tidak seimbang dengan dampak dari kenaikan BBM dan dana yang dikeluarkan kepada mereka. Mereka berfikir bahwa bantuan tersebut akan dilakukan hanya selama Sembilan bulan saja sedangkan mereka meraskan dampak kenaikan harga bahan bakar ini selamanya.