Sejarah Franchise
Konsep waralaba (franchise) bukan merupakan kosep baru, melainkan merupakan sebuah konsep yang sudah memiliki sejarah besar . Kata franchising berasal dari bahasa prancis yang artinya kejujuran, bebas, untuk membebaskan . Pada pertengahan abad awal kemunculan francihising di Eropa ditandai oleh hubungan atara tuan tanah dan para pekerkanya . Para tuan tanah memberikan hak kepada memberikan hak kepada buruh mereka untuk mengolah lahan dan berburu lalu menjual hasilnya tersebut .
Di Indonesia, system warlaba mulai dikenal pada tahun 1950 an yaitu dengan dimulainya deler kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi . Perkembangan kedua pada tahun 1970an yaitu dengan dimulainya system pembelian lisensi plus . Franchisee tidak sekedar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk mrmproduksi produknya . Agar warlaba dapet berkembang dengan pesat maka persyaratan utama yang harus dimiliki suatu teritori adalah kepastian hokum yang mengingkat untuk semuanya . Karena kita dapat melihat dinegara yang memiliki kepastian hukum yang jelas maka waarlaba semakin berkembang pesat.
2. Sejarah franchise Indomaret
Bisnis warlaba ini telah menjamur di Indonesia yang berkembang secara pesat . Dikelola secara propesional dan dipersiapkan untuk memasuki era globalisasi ini . Sejak tahun 1977 indomaret memasuki pola kemiritan warlaba dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai inomaret . Pola warlaba ini ditawarkan setelah Indomaret telah terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai, yang didukung oleh system dan format bisnis yang baik. Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan positif dari masyarakat semua itu terlihat dari sambutan positif dari masyarakat dari jumalah gerai waralaba indomaret . Maka toko toko indomaret makin diperluas semakin banyaknya tanggapan postif dari masyarakat. Program waralaba yang tidak rumit terbukti dapat diterima oleh masyarakat. Bahkan dari segi pewaralaba dan terwaraba ini merupakan salah satu keungulan domestic dalam memasuki era globalisasi.
Minggu, 27 November 2011
Perkembangan Bisnis Online
Para pedagang saat ini sedang marak maraknya dengan bisnis on line . Dan kecendrungannya semakin meningkat karena beberapa factor yaitu :
• Murah : karena dengan adanya usahe ini secara on line ini maka para penggusaha tidak perlu menyewa tempat untuk usaha cukup dengan memiliki jejaring social saja mereka sudah dapat membuka usaha ini .
• Mudah : dalam metode ini sebetulnya sangat relative . semua mudah jika kita sudah mengetahui metodenya . cukup dengan belajar sebentar saja kita sudah dapat mengetahuinya .
• Pengguna Internet Yang Semain Banyak : dengan banyaknya para pengguna internet di negri ini maka semakin baik peluang bisnis on line ini . karena semakin banyak para pengguna internet yang melihat bisnis kita .
• Tidak memakan waktu ia dapat menjalankan tugas kita dengan teratur . hanya dengan upload saja kita bisa menjalankannya .
Tetapi masih banyak orang yang ragu akan peluang yang trdapat pada bisnis on line ini diantaranya sebagai berikut :
• Merasa tidak menguasai menejemen bisnis on line
• Tidak menguasai betul internet
• Masih suka dengan metode bisnis off line
• Takut akan barangnya hilang tanpa dibayar
• Tidak memiliki barang yang didagangkan secara on line .
• Murah : karena dengan adanya usahe ini secara on line ini maka para penggusaha tidak perlu menyewa tempat untuk usaha cukup dengan memiliki jejaring social saja mereka sudah dapat membuka usaha ini .
• Mudah : dalam metode ini sebetulnya sangat relative . semua mudah jika kita sudah mengetahui metodenya . cukup dengan belajar sebentar saja kita sudah dapat mengetahuinya .
• Pengguna Internet Yang Semain Banyak : dengan banyaknya para pengguna internet di negri ini maka semakin baik peluang bisnis on line ini . karena semakin banyak para pengguna internet yang melihat bisnis kita .
• Tidak memakan waktu ia dapat menjalankan tugas kita dengan teratur . hanya dengan upload saja kita bisa menjalankannya .
Tetapi masih banyak orang yang ragu akan peluang yang trdapat pada bisnis on line ini diantaranya sebagai berikut :
• Merasa tidak menguasai menejemen bisnis on line
• Tidak menguasai betul internet
• Masih suka dengan metode bisnis off line
• Takut akan barangnya hilang tanpa dibayar
• Tidak memiliki barang yang didagangkan secara on line .